Saat Anda berada di kantor atau dalam wawancara kerja, Anda mungkin berpikir keras tentang apa yang akan Anda katakan dan bagaimana cara mengungkapkannya. Mengutip sebuah studi dari profesor Albert Mehrabian di UCLA, kata-kata tidak berarti apa-apa, karena orang lain lebih sering menangkap pesan dari bahasa tubuh, seperti yang dilansir di thedailymuse.
Pikirkan tentang hal ini: Seberapa sering Anda melihat cara orang berpakaian, cara mereka berjalan, cara mereka berinteraksi dengan orang lain, dan membuat asumsi tentang siapa mereka? Saat seseorang berjalan dengan langkah yang tegang dan cepat, Anda berasumsi bahwa dia kaku atau seseorang yang perfeksionis.
Asumsi mereka mungkin tidak memiliki dampak langsung pada kehidupan Anda. Namun, bagaimana orang lain melihat Anda sangat penting bagi keberhasilan Anda. Jadi, bagaimana cara Anda memastikan Anda sudah dianggap profesional, percaya diri, dan bersahabat? Berikut adalah tips sederhana untuk melatih tubuh Anda agar mampu mengirimkan pesan yang tepat.
1. Cara berjabat tangan
Jabat tangan adalah cara seseorang memperkenalkan dirinya kepada orang lain dalam pertemuan pertama. Bagaimana cara Anda menjabat tangan orang lain? Lemah? Basah? Tegang? Perhatikan bagaimana cara orang-orang profesional dalam berjabat tangan dan temukan cara terbaik untuk menirunya.
2. Postur tubuh yang lurus
Memiliki postur tubuh yang tegap adalah cara terbaik untuk mengirimkan pesan yang baik. Apakah Anda sedang duduk atau berdiri? Posisi tubuh Anda dapat mengatakan bahwa Anda tertarik atau justru sebaliknya.
Ketika Anda duduk dalam sebuah pertemuan atau wawancara, duduklah yang tegap sehingga punggung Anda tidak menyentuh bagian belakang kursi. Hal ini mencegah Anda duduk membungkuk. Posisi duduk ini dapat memberi kesan bahwa Anda merasa tidak terlalu nyaman.
3. Pikirkan perilaku Anda
Anda tentu pernah merasa canggung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan lengan dan tangan Anda. Orang sering menepiskan kecanggungan ini dengan menyilangkan lengan di depan tubuh mereka atau dengan gelisah menekan jari mereka dan memutar-mutar rambut mereka.
Sikap terbaik dan paling profesional adalah menjaga lengan Anda tetap di samping tubuh. Jika Anda tetap merasa tidak nyaman, pastikan Anda memiliki sesuatu untuk dipegang, seperti pulpen, buku, dan lain-lain. Jangan menyembunyikan tangan Anda di saku Anda. Sikap tubuh seperti ini dapat memberi kesan sebuah keengganan atau kehati-hatian.
4. Ekspresi wajah
Ekspresi wajah Anda seperti mengangkat alis, tersenyum, atau mengerutkan kening dapat berbicara tentang pikiran dan emosi Anda. Ketika mulut Anda tidak mampu bergerak, cukup berikan senyum kecil dan tenang. Bahasa tubuh ini memberi kesan Anda tampak netral dan ramah. Jaga kontak mata dengan orang yang sedang berbicara dengan Anda.
Melakukan perubahan itu sulit dan tidak mudah. Namun, jika perubahan itu membawa hal positif untuk Anda, mengapa tidak. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.
0 komentar:
Posting Komentar